Pesona Keindahan Danau Gunung Tujuh (Danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara)

“ Secangkir keindahan di ketinggian 1.996 Mdpl yang terletak di sisi barat provinsi jambi ”

Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, untuk menuju DTW ini dibutuhkan waktu jarak tempuh lebih kurang 8 jam dari Kota Jambi dan 6 jam dari Kota Padang Sumatera Barat melalui jalur darat, perjalanan juga dapat ditempuh dalam waktu singkat melaui jalur udara dari Bandara Sultan Thaha Jambi atau Bandara Internasional Minangkabau  Sumatera Barat dengan waktu yang sama lebih kurang 45 menit.


Kenapa dinamakan Danau Gunung Tujuh? mungkin didalam benak kita terbayang ada sebuah danau dan 7 buah gunung? Ya betul sekali..Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik yang dikelilingi oleh 7 (tujuh) puncak gunung, diantaranya :
  1. Gunung Hulu Tebo (2.525 meter)
  2. Gunung Hulu Sangir (2.330 meter)
  3. Madura Besi (2418 meter)
  4. Gunung Moss dengan berbagai jenis lumut ( 350 meter)
  5. Gunung Selasih (2.230 meter)
  6. Gunung Jar Panggang (2.469 meter)
  7. Gunung Tujuh (2.735 meter)
Naaah sudah terbayangkan keindahannya guys.….
Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk oleh letusan gunung api (super volcano) pada masa lampau (purba), letusan tersebut membentuk kawah besar yang kemudian diisi oleh air hujan dan terciptalah danau vulkanik yang terletak diketinggian 1.996 Mdpl.
Untuk menuju gunung tujuh dibutuhkan waktu lebih kurang 3 jam (trekking), di danau gunung tujuh terdapat camping ground di pinggir danau yang tidak terlalu luas dan diperkirakan dapat menampung lebih kurang 15 tenda tapi jangan khawatir guys…pengunjung masih bisa mendirikan tenda disisi sebelah kanan bibir danau, sedikit saran..pengunjung harus berhati-hati karena untuk menuju lokasi tersebut harus melewati titian kayu yang mungkin sedikit licin dan dibawahnya terdapat aliran air danau menuju air terjun.

Air terjun tersebut merupakan pembuangan dari luapan air danau gunung tujuh, jika diamati sekilas dan didengar dari suara gemuruhnya, air terjun tersebut sangat ekstrim sehingga tidak bisa di dokumentasikan secara detail, jika diintip dari atas (sudut sempit) bisa dilihat air terjun tersebut merupakan waterfall 3 tingkat yang mengalir ke sungai-sungai dan terus menuju Air Terjun Telun Berasap
Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di kawasan Danau Gunung Tujuh adalah :
  1. Menunggu sunrise dan sunset
  2. Menyisiri danau dengan menggunakan perahu tradisional
  3. Safari dan berburu kepiting pada malam hari
  4. Api unggun dan barbeque (kepiting, ikan, ayam)
  5. Camping di pasir putih
  6. Trekking ke batu masjid
Catatan :
  1. Semua aktivitas di Danau Gunung Tujuh direkomendasikan agar didampingi petugas taman nasional/guide lokal
  2. Perlengkapan yang harus disiapkan jika berkunjung adalah : stok makanan, obat-obatan (P3K), tenda, sleeping bag, perlengkapan masak, perapian, jaket/raincoat, senter, kamera dan perlengkapan-perlengkapan camping lainnya. 
Pesona Danau Gunung Tujuh dari berbagai sisi :












watch and subscribe >> youtube.com/sesdeseharja



Sumber :
Wikipedia & dikembangkan oleh Sesde Seharja (mohon koreksi jika terdapat kekeliruan dalam penulisan)




Comments

Flag Counter

Free counters!